Pilgub Papua, Ada TPS Belum Dapat Kotak Suara

Written By bopuluh on Senin, 28 Januari 2013 | 21.55

TIMIKA, KOMPAS.com - Pelaksanaan pemungutan suara, pemilihan Gubernur Papua dilaksanakan serentak di Kabupaten/Kota di Provinsi Papua hari ini, Selasa (29/1/2013). Berdasarkan jadwal dari KPUD Mimika, pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIT.

Namun, berdasarkan pantauan Kompas.com di Kota Timika, suasana kota tampak sepi, jalan raya yang biasanya ramai dengan kendaraan pun terlihat lengang hingga siang hari.

Sejumlah warga terlihat memadati TPS-TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Namun, suasana berbeda terjadi di TPS 100 -107, RT 4, Kelurahan Kwamki Baru, Distrik Mimika Baru, di mana puluhan warga belum bisa melakukan pemungutan suara karena TPS mereka belum mendapat kotak suara.

Yohanis Kasamol warga Kwamki Baru, yang bermukim tepat di depan TPS 100 mengaku namanya tidak tercamtum dalam daftar pemilih. Yohanis mengungkapkan kekesalannya karena belum dilakukan sosialisasi terkait pelaksanaan pemilihan gubernur pada hari ini.

"Pada Pemilihan Umum yang lalu, di tempat ini selalu dilakukan gladi, karena tidak semua warga mengerti baca tulis," jelas Kasamol.

Pernyataan kecewa juga diungkapkan Thomas Wanmang, salah seorang tokoh warga Amungme yang bermukim di Kwamki Baru. Menurut Thomas sejak pagi hingga siang ini warga sudah berkumpul di rumah ketua RT namun sampai jam 11 ini belum ada kotak suara.

Menurut Thomas, kejadian ini selalu berulang kepada warga Kwamki Baru setiap diadakan pemilihan umum, dari pemilihan legislatif dan eksekutif.

Ditambahkan Thomas, warga Kwamki Baru selalu antusias untuk memilih pemimpinnya yang diharapkan bisa memberikan perubahan. "Data RT di sini ada di RT lain, data pemilih disini ada di TPS lain. Kenapa permainan kotor selalu terjadi di Kabupaten Mimika. Secara jujur kasi tau kami ini warga negara kelas berapa? Atau memang kami ini dicap sebagai TPN-kah, OPM-kah, pengacaukah? Harus jujur dari pemerintah. Kami mau memilih pemimpin secara jujur, kok sekarang sampai jam 11 kotak suara belum ada di TPS?," keluh Thomas.

Menurut pengakuan sejumlah pengurus TPS 107, kartu pemilih dan surat suara baru dibagikan pagi tadi, sementara untuk TPS mereka memanfaatkan bekas tenda kedukaan salah seorang warga di Kwamki Baru. Sejumlah warga yang datang ke TPS terpaksa harus menunggu bahkan ada yang memilih kembali ke rumah.

Hingga siang ini belum ada anggota PPD Mimika Baru ataupun aparat kepolisian yang berjaga di TPS 107. Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua di Kabupaten Mimika akan diikuti oleh 175.987 pemilih yang tersebar di 552 TPS.

Editor :

Glori K. Wadrianto


Anda sedang membaca artikel tentang

Pilgub Papua, Ada TPS Belum Dapat Kotak Suara

Dengan url

http://agetoddlernutrition.blogspot.com/2013/01/pilgub-papua-ada-tps-belum-dapat-kotak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pilgub Papua, Ada TPS Belum Dapat Kotak Suara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pilgub Papua, Ada TPS Belum Dapat Kotak Suara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger