Ekonom : Pertumbuhan Ekonomi RI Akan Menurun

Written By bopuluh on Senin, 17 Juni 2013 | 22.56

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom DBS Eugene Leow mengatakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan berdampak ke kenaikan inflasi. Imbasnya, daya beli menurun dan melemahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di akhir tahun.

"Dengan asumsi harga BBM dinaikkan sebesar 33 persen pada Juli, pertumbuhan PDB, inflasi dan kebijakan moneter akan terkena dampaknya," kata Eugene di Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Eugene menambahkan, untuk mengukur dampaknya terhadap konsumsi pribadi, bisa melihat analisa penyesuaian harga BBM pada tahun 2005 dan 2008. Pada tahun 2005, harga BBM dinaikkan sebesar 29 persen pada bulan Maret dan dinaikkan lagi sebesar 88 persen pada bulan Oktober. Pada tahun 2008, harga BBM dinaikkan sebesar 33 persen pada bulan Mei, kemudian dibatalkan pada awal 2009.

Pada saat harga BBM dinaikkan 30 persen, pertumbuhan konsumsi pribadi terhenti selama dua kuartal berikutnya meskipun tidak menurun. "Namun demikian, ketika harga BBM dinaikkan sebesar 88 persen, konsumsi pribadi menurun tajam. Dengan penghasilan lebih tinggi, kosumen kemungkinan dapat bertahan menghadapi kenaikan BBM sebesar 33 persen," tambahnya.

Berdasarkan skenario inti dari Eugene, inflasi rata-rata pada semester II-2013 mencapai 5,3 persen. Sementara itu, jika harga BBM dinaikkan 33 persen, inflasi rata-rata akan berada di kisaran 8,0 persen (yoy) pada semester II-2013. Guna mengantisipasi inflasi, Eugene memperkirakan BI cenderung akan memperketat kebijakan moneter.

Berdasarkan skenario alternatif ini, suku bunga FASBI dan BI Rate diperkirakan mencapai 5,50 persen dan 6,50 persen pada akhir 2013. "Mengingat pengetatan kebijakan moneter dan pertumbuhan konsumsi yang terhenti, pertumbuhan PDB pada tahun 2013 diperkirakan akan menurun sekitar 0,3 persen," tambahnya. Prediksinya, akhir tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,3 persen dan akan mencapai 6,5 persen di 2014.

Editor : Bambang Priyo Jatmiko


Anda sedang membaca artikel tentang

Ekonom : Pertumbuhan Ekonomi RI Akan Menurun

Dengan url

http://agetoddlernutrition.blogspot.com/2013/06/ekonom-pertumbuhan-ekonomi-ri-akan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ekonom : Pertumbuhan Ekonomi RI Akan Menurun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ekonom : Pertumbuhan Ekonomi RI Akan Menurun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger